Monday 14 April 2014

TIPS DAN TRIK MENULIS INDAH DI BLOG


Menulis adalah hal yang menggembirakan dan bisa membuat hidup ini menjadi lebih indah. Banyak sekali manfaat yang kita dapatkan jika menekuni dunia kepenulisan. Menulis itu mudah lho.. ☺. Saya tidak menyangka bisa menulis artikel ini hingga selesai dan tahukah Anda bahwa saya dulunya juga tidak terlalu menyukai menulis, tapi akhirnya setelah saya mulai terjun ke dunia blogging dan saya mulai menyukai dunia kepenulisan ☺.

Terlepas dari semua itu yang ingin saya sampaikan adalah bahwa menulis itu bukan tergantung dari kepandaian atau pengetahuan kita. Yang Anda perlukan hanyalah kemampuan untuk membuat pikiran Anda menyukai menulis. Jika pikiran Anda sudah menyukainya maka Anda akan menyukainya.

Selain itu pada kesempatan kali ini saya juga ingin menyampaikan bagiamana cara supaya Anda bisa menyukai dunia kepenulisan khususnya dalam blogging.

1. Jangan Pernah Takut Untuk Menulis

Terkadang Anda harus cuek terhadap komentar miring orang lain yang suka memberi “ejekan” pada tulisan Anda. Tenang… Anda tidak perlu malu karena semua orang di dunia ini masih perlu proses belajar. Dan jangan pernah berhenti belajar. O iya, kalau ada yang mencemooh tulisan Anda bilang aja : “Emang tulisan lo bagus?” Terus kalau dia bilang ia, silahkan Anda ikuti dan pelajari caranya menulis ☺.

2. Hindari Membandingkan Kemampuan Diri Dengan yang Orang Lain.

Banyak motivator yang bilang: “jangan membandingkan kekurangan Anda dengan kompetitor Anda.” Jika Anda ingin melihat kompetitor Anda, contohlah sistem dan cara mereka jika mereka lebih baik dari Anda. Tapi Anda tidak perlu cemas, karena dengan ikhlas dan enjoy maka Anda akan menyukainya ☺.

3. Temukan dan Keluarkan Keunikan Anda.

Anda sedang berjalan di sebuah desa lalu menemukan segerombolan sapi, di tengah gerombolan sapi itu ada seekor sapi yang berwarna ungu. Saya yakin perhatian Anda akan tertuju ke sapi ungu itu. Sama halnya dalam menulis temukanlah keunikan pada diri Anda, lalu keluarkan keunikan itu untuk menjadikan diri sebagai sapi ungu yang unik itu. Tema atau isi dari tulisan Anda tidak harus sama seperti yang ada dipasaran, Anda boleh memiliki gaya dan bahasan tersendiiri, pokoknya jangan pernah takut untuk mencoba ☺.

4. Jangan Tergesa-Gesa Saat Menulis.

Sudah buat blog tapi bingung mau nulis apa? Tenang, jangan keburu pasang jurus seribu bayangan. Ambil break sebentar nggak melanggar hukum kok. Luangkan waktu untuk jalan-jalan keluar sekedar berkenalan dengan tetangga baru (siapa tahu dia cantik atau ganteng ☺) Biarkan pikiran Anda lebih tenang dan siap menambang ide-ide segar untuk dituangkan ke dalam tulisan.

5. Bagikan Pengalaman Sehari-Hari Dengan Orang Lain.

Anda punya suami, isti, sahabat karib dan orang-orang terdekat lainnya? Coba bagi sedikit peristiwa yang Anda alami selama sehari kepada mereka. Laluamati respons yang diberikan. Hal ini setidaknya menjadi gambaran apakah topik yang Anda bahas cukup menarik perhatian kalau diterbitkan dalam blog. Kalau malu ngomong face to face, manfaatkan saja situs jejaring sosial seperti Facebook atau twitter . Mudah kan!

6. Perluas Pengetahuan.

Cara yang paling umum dilakukan adalah dengan membaca buku, baik buku cetak maupun buku elektronik (ebook). Kegiatan ini nggak butuh banyak dana. Sekarang banyak free ebook beredar di internet, baik berbahasa Indonesia maupun bahasa asing. Banyak juga buku diskon yang tersedia di Toko Buku Gramedia. Tinggal pilih mana yang sesuai dengan topik pilihan dan cara belajar Anda. Bagi yang mau download ebook gratis bisa download di www.duniadownload.com.

7. Bersosialiasi Dengan Yang Sepaham dan Satu Tujuan Dengan Anda

Dijaman yang sudah makin super ini kita tidak bisa diam saja. Jika Anda butuh ide, motivasi atau dukungan Anda bisa mencarinya dari orang lain yang memiliki tujuan yang dengan Anda. Misalnya dengan bersosialiasi di forum seperti Kaskus atau gabung di komunitas seperti Blogger Community. Interaksi dengan kawankawan yang ‘sepaham’ lebih banyak memberi manfaat dalam ide menulis
maupun motivasi diri.

8. Praktek menulis setiap hari.

Practice makes perfect. Yup itulah kalimat yang cocok untuk menggambarkan apa yang ingin saya sampaikan. Banyak latihan maka akan membuat kita semakin baik. Ingat: Kebesaran dibangun berdasarkan hal kecil yang dilakukan berulang-ulang.

Ya kira-kira begitulah cara yang bisa Anda coba supaya Anda mulai menyukai dunia menulis. Jangan pernah takut untuk mencoba ya ☺.

Dan dibawah ini saya hadirkan link artikel saya yang lalu untuk Anda:
  1. Menulis Itu Apa Sih?
  2. Ide Itu Nafasnya Penulis 
  3. Cara Mudah Membuat Karya Tulis 
  4. Langkah-langkah Membuat Karya Tulis
  5. Kebiasaan Yang Mendukung Skill Kita Dalam Menulis 
  6. Kunci Sukses Bikin Artikel Yang Disukai Pembaca 
  7. 7 Kiat Menulis Efektif Di Blog 
  8. Kualitas Atau Kuantitas Dalam Menulis?
Semoga bermanfaat

No comments: