Monday 14 April 2014

CARA MUDAH MEMBUAT KARYA TULIS

 
Sebenarnya, membuat karya tulis itu susah nggak sih? Begitulah mungkin pertanyaan yang terlontar dari orang yang jarang sekali menulis. Sebenarnya menulis itu tidak sulit lho, menulis adalah menceritakan apa yang ingin kita ekspresikan. Tak hanya itu, menulis adalah suatu ekspresi dari jiwa kita. Bahkan ada yang bilang kalau tulisan itu “wajahnya” pribadi kita.

Ada banyak cara yang bisa kita gunakan untuk menjadikan menulis itu menjadi mudah, salah satunya dengan membuat kerangka karangan.


Membuat Kerangka Karangan
Pada saat saya kelas 5 SD saya mendapat tugas untuk membuat karangan. Sepeti yang Anda perkirakan, hasilnya pasti amburadul dan terkesan membosankan ☺. Hanya saja, guru saya memberi trik yang kini jadi dasar saya untuk membuat sebuah karya tulis, baik sekedar artikel hingga sebuah buku. Triknya dengan membuat kerangka karangan.


Kerangka karangan adalah sebuah rancangan yang berisi konsep pokok dari sebuah karya tulis. Misalnya Anda mau membuat sebuah artikel tentang cara memasak rendang. Jika kita membuat dulu kerangka karangan pasti proses menulisnya akan jadi lebih mudah. Mari kita aplikasikan ke contoh.


1. Asal usul rendang
- Sejarah Rendang
- Jenis-Jenis Rendang


2. Bahan-bahan untuk memasak rendang
- Bagaimana memilih daging sapi yang baik
- Bumbu-bumbu yang harus disiapkan


3. Proses Memasak
- Cara meramu bahan
- Proses dan langkah-langkah memasak
- Lama waktu memasak


Dari kerangka seperti itu sudah mulai tersusun apa yang harus Anda tulis dan apa yang harus Anda persiapkan. Untuk itu gunakanlah trik kerangka karangan jika Anda masih belum memiliki kemampuan menulis level expert. Jadi jangan ragu untuk mencoba ya. Semoga bermanfaat ☺

No comments: