Monday 14 April 2014

IDE ITU NAFASNYA PENULIS



Langkah pertama untuk mulai menulis adalah dengan menentukan IDE. Ide untuk sebuah karya tulis biasanya datang dari hal yang Anda sukai, misalnya jika Anda suka bermain game maka saya yakin Anda akan suka jika disuruh menceritakan mengenai game dalam bentuk tulisan. Iya kan?

Meskipun Anda tidak hobi menulis maka saya yakin Anda akan suka dan bisa jika disuruh bercerita mengenai game dalam bentuk tulisan. Tentunya ini menjadi hal yang menarik. So, kesimpulannya bukan pada kemampuan tapi pada pikiran kita. Jadi Anda tidak perlu malu dan takut untuk membuat suatu karya tulis karena tidak bisa menulis. Yakinkan dan buat pikiran Anda menyukainya maka Anda akan mulai menyukainya ☺.


Dalam menulis sebuah karya tulis, baik itu cerpen, novel, puisi ataupun artikel hal pertama yang harus kita lakukan adalah dengan menentukan ide/tema. Oke sobat. Segera tentukan ide Anda jika ingin membuat sebuah karya tulis. Krisis Ide? Ini Dia Solusinya.


Semua penulis meskipun dia sudah expert dan master pasti pernah mengalami yang namanya krisis ide. Bahkan sering kali ya? Jujur saya sering mengalami krisis ide ketika hendak posting atau membuat artikel maupun karya tulis.


Untuk itu di artikel ini juga saya selipkan cara untuk mengatasi krisis ide.

Jika Anda mengalami krisis ide, ada banyak cara untuk mengatasinya. Misalnya:
 

- Jalan-jalan ke toko buku. Penulis mana sih yang nggak pernah ke toko buku? Toko buku bisa Anda jadikan sebagai tempat rekreasi untuk mencari ide segar agar bisa dijadikan sebagai sebuah tema untuk suatu karya tulis. Saya yakin Anda akan dengan mudahnya menemukan ide jika Anda datang ke toko buku lalu lihat dan perhatikan jajaran buku yang terpajang dengan rapi itu ☺.

- Browsing di Internet. Ini yang paling saya suka, harganya murah tapi hasilnya maksimal. Jika Anda mengalami krisis ide, silahkan Anda nyalakan komputer, konek ke internet, buka browser, lalu ajak Mbah Google untuk menemani Anda mencari apa yang sedang Anda pikirkan saat ini. Maka dalam hitungan menit saya yakin ide bisa muncul dengan sendirinya di kepala Anda.
 

- Dengarkan musik yang Anda sukai. Siapa sih yang belum pernah dengerin musik? Semua orang pasti pernah. Menurut pengalaman saya, ide untuk karya tulisan bisa muncul jika saya mendengar musik yang saya sukai. Apalagi ide fiksi maka untuk mendapatkannya saya suka dengerin musik yang tema nya saya sukai. So, musik juga bisa lho ☺
 

- Nonton acara tv yang bagus. Acara yang bagus menurut Anda pasti akan Anda sukai. Untuk itu jika menonton acara yang Anda sukai, nikmatilah setiap detiknya dan saya yakin bisa mengobati penyakit krisis ide. Nggak percaya? Silakan dicoba deh.
 

- Kunjungi situs “gudang artikel”. Ini beda dengan browsing lho. Jika browsing kita mencari sesuatu yang belum tentu artikel yang menarik. Nah jika Anda ingin mencari artikel menarik untuk mengobati krisis ide, maka situs berikut ini cocok untuk Anda. Dua situs ini disebut sebagai gudang artikel lho ☺. www.goarticles.com dan www.ehow.com.

Mungkin itulah kegiatan yang bisa mendatangkan ide untuk dijadikan sebagai sebuah karya tulis. Silakan Anda coba sendiri ☺.

Ide Segar Atau Yang Daur Ulang Ya?

Dalam membuat suatu karya tulis baik itu di blog atau bukan, saya yakin Anda pernah bertanya dalam hati, ide segar atau daur ulang? Hmm.. sama-sama menarik lho, baik yang daur ulang maupun ide segar.
 

Menurut pengamatan saya, umumnya blogger (terkadang saya) menulis sesuatu yang merupakan daur ulang dari ide yang sudah ditulis oleh orang lain. Sebenarnya nggak ada yang melarang kita untuk mendaur ulang ide orang lain. Nggak percaya?
 

Coba deh Anda ke toko buku, datang ke suatu rak buku, lalu lihat. Berapa banyak buku yang temanya sama dan isinya juga hampir pasti sama. O iya nggak perlu jauh-jauh ke toko buku, browsing saja ke internet, berapa banyak blogger yang membahas tentang bisnis internet, tutorial blogging? Ribuan bukan? Itu menandakan bahwa mendaur ulang ide itu boleh asal tidak copas (copy and paste). Copas hanya membunuh kreativitas seorang penulis, maka dari itu janganlah Anda copy paste tulisan orang lain.

Tips Dalam Mendaur Ulang Ide

Mendaur ulang ide adalah suatu kegiatan yang asyik. Dan ingat mendaur ulang bukan berarti mejiplak sama persis lho. Harus selalu mengutamakan kreativitas. Berikut beberapa tips menarik untuk membantu Anda mendaur ulang ide:


- Kelola dan ramu dengan “bahan-bahan” baru. Dengan menambahkan bahan atau sesuatu yang fresh dan baru di tulisan Anda maka ini akan menjadi nilai lebih. Yaitu membuat karya Anda menjadi up to date.

- Gunakan bahasa Anda sendiri yang mungkin jauh lebih mudah dipahami oleh orang lain. Nilai tertinggi suatu karya tulis adalah kepuasaan pembaca. Jika Anda mampu membuat karya tulis yang mudah dipahami pembaca, maka rating dari karya Anda tinggi. Untuk mencapai itu tentunya harus menggunakan bahasa yang mudah dipahami oleh semua orang. Semoga bermanfaat

No comments: