Saturday 22 February 2014

IBU BERKATA SATU ANAK SERIBU




Seorang ibu tidak hanya sekedar merawat, memberi sandang, pangan, papan, fasilitas “wah”, dan lain sebagainya pada anak, akan tetapi juga perlu mendidiknya, baik dengan lisan (nasehat), ataupun contoh perilaku baik yang baik diteladani anak. Setiap orang tua tentu menginginkan anaknya patuh agar menjadi insan yang lebih baik.
 
Setiap anak memiliki karakter yang berbeda-beda pada orang tuanya. Ada anak yang tempramental, pemarah, pembangkang, dan tidak hormat pada orang tuanya, bahkan hingga membahayakan nyawa orang tuanya. Ada pula pula anak yang penyabar, penurut, dan hormat pada orang tuanya, tentu karakter anak seperti inilah yang dinginkan orang tua pada anaknya.

Namun yang menyakitkan orang tua adalah anak yang membangkang dan tidak hormat pada orang tuanya. Bagi anak bersabarlah, bahwa kamu tidak akan menjadi seperti ini bila bukan karena hasil jerih payah kedua orang tuamu selama ini dalam merawat dan mendidikmu. Bagi sang ibu ataupun ayah, cobalah sedikit untuk mengerti anak, karena mereka juga membutuhkan mu dalam menjadi menjalani kehidupan ini dan butuh bimbingan mu, jangan selalu menyalahkan anak, diri sendiri, ataupun merasa paling benar.
Janganlah hanya sekedar menjadi orang tua yang ingin dihormati tetapi juga menjadi sahabat yang baik bagi anak, tentu dengan batasan-batasannya. Semoga bermanfaat :)

No comments: