Wednesday 5 February 2014

YANG DIHARAPKAN DARI MEDIA MASSA ISLAM

Telah dimaklumi pentingnya peran media massa dalam penyebaran ajaran dan ide serta pengaruhnya terhadap akal, pikiran, dan rasa para pembacanya. Juga diketahui bahwa setiap media cetak atau elektronik menyuarakan ajaran dan ide pemilik dan pengelolanya. Selain itu disadari pula bahwa media massa yang ada didominasi oleh kelompok non-muslim atau non-islamis, maka misi ang dibawanya tentu tidak bersifat Islamis, bahkan mungkin anti Islamdan muslimin. Dengan demikian sudah dapat dibayangkan betapa tidak menentunya rasa dan pikir umat serta kacaunya opini mereka mengenai kasus dan peristiwa yang sedang terjadi.

Sementara itu, dikalangan umat Islam, penguasaan terhadap ilmu komunikasi dan jurnalisma jauh dari memadai. Wartawan dan penulis muslim, termasuk yang mempunyai semangat sekalipun, masih banyak yang tidak memahami ajaran Islam secara benar. Padahal persepsi seseorang tergantung pada pemahaman terhadap ideologi yang di anutnya. Ditambah lagi ketergantungan pers Islam pada kantor-kantor berita Barat/Kafir yang menurut ajaran Islam harus terlebih dahulu dilakukan Tabayyun, namun untuk mengadakan tabayyun diperlukan pamahaman Islamdan penguasaan ilmu bersangkutan, yang dalam hal keduanya itu para penulis muslim belum banyak yang menguasainya dengan baik.


Kenyataan itu menyampaikan pesan bahwa umat Islam diseluruh dunia berada dibawah kekuasaan orang lain. Dulu penjajah menyerang bumi dan tanah air kaum muslimin dan senjata mereka adalah bom dan peluru. Kini serangan itu tetap berlangsung, tetapi yang dijadikan adalah akal, pikiran dan perasaan umat, dan senjata yang dipakai bukan lagi bom dan peluru tetapi surat kabar, majalah, radio, dan televisi.


Sebagai orang-orang yang ingin merdeka, pertama kali ia harus menyadiri bahwa dirinya sedang dijajah, harus tumbuh sikap jiwa independen, mampu membina kerja sama dan persaudaraan sesama, serta dengan terus menerus meningkatkan kualitas dan mutu para pendukung ideologinya. Dia harus pandai memanfaatkan senjata dan peralatan lawan. Selanjutnya mengajarkan ajaran dikalangan pendukung agar terbentuk kepribadian Islam sehingga dapat memandang hidup dengan pandangan Islam. Kemudian menyampaikan pandangan yang benar itu kepada umum agar dapat terbentuk opini publik.


Maka media massa Islam yng kita kehendaki adalah media yang dikelola oleh muslim yang paham ajaran agamanya secara benar, memiliki peralatan dan sarana teknologi yang memadai dan mampu menampilkan tulisan dan berita yang benar dan baik secara bijaksana. sehingga ibarat kalimat Thayyibah, akarnya terhunjam kelubuk hati, dahan dan rantingnya menerawang ke angkasa, mengeluarkan buah yang dapat dinikmati oleh manusia di sekitarnya.


Surat kabar dan majalah yang demikian hendaknya dapat menyajikan tulisan-tulisan berupa: Pengetahuan keIslaman, agar dapat memberikan pemahaman tentang Al-Islam kepada pembacanya; Sejarah umat, agar dapat memberikan gambaran tentang keagungan nenek moyang mereka. Adaba atau sastra, untuk menjernihkan Syu'ur umat. Dan berita-berita mengenai kaum muslimin yang diambil dari sumber terpercaya, disiarkan secara cepat tepat serta disajikan dengan benar dan baik.